Tim Specta UIN RM Said Surakarta Berhasil Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Kazbek Georgia

Tim Specta UIN RMS Said Surakarta mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Kazbek, Georgia. (/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG-BOYOLALI-Tim pendaki dari mahasiswa pecinta alam (mapala) Specta Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi Gunung Kazbek 5.054 Mdpl Georgia. Pendakian tersebut sampai puncak tepat tanggal 17 Agustus 2024 dalam rangka menyemarakkan Kemerdekaan RI ke-79.

Pengibar bendera merah putih dalam agenda Specta Indonesian International Expedition (SIIE)#2 itu yakni Danang Prakoso dan Arta Dian Pratama. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN RM Said Surakarta ini memang dipersiapkan masuk tim atlet SIIE#2.

Sukses keduanya sampai puncak Gunung Kazbek berkat kegigihan tim dalam persiapan jauh-jauh hari. Sebab persiapan dilakukan untuk menghadapi suhu kurang lebih minus 25-28 derajat celsius Gunung Kazbek. Persiapan dilakukan berjalan selama 5 bulan, seminggu 5 kali dikawasan kampus 1 UIN Rm Said Surakarta, Variasi latihan kali ini seperti pusp up, Joging, pull up, Tarik ban, Fitnes, vo2 max dll, Untuk Latihan Medan di Gunung Lawu, gumuk pasir Yogjakarta.

“Harapan kami yaitu mencapai puncak tertinggi di Georgia Timur yaitu gunung Kazbek dengan mengibarkan bendera Indonesia, UIN Rm Said dan Specta, Menyemarakkan dan upacara hari kemerdekaan Indonesia yang ke 79, Mengenalkan budaya Indonesia di Georgia dan eksplorasi budaya lokal,” Ahmad Al Ayubi, salah satu tim Specta, dalam rilisnya Senin 19 Agustus 2024.

Ekspedisi internasional sejak keberangkatan tim Mapala Specta ke Gunung Kazbek, Georgia menjadi saksi dari pencapaian luar biasa oleh tim mahasiswa dari Mapala Specta. Event ini tidak hanya menandai pencapaian baru dalam petualangan mahasiswa, tetapi juga merupakan contoh nyata bagaimana semangat dan dedikasi dapat mengantarkan mereka ke puncak dunia.

Gunung Kazbek, yang terletak di Pegunungan Kaukasus, Georgia, adalah salah satu puncak tertinggi di kawasan tersebut dengan ketinggian mencapai 5.047 meter di atas permukaan laut. Dikenal dengan lanskapnya yang menakjubkan dan tantangan teknis yang ditawarkannya, Kazbek menarik perhatian para pendaki dan pecinta alam dari seluruh dunia. (*)