Begini Cara Mahasiswa Unisri Gelar Pelatihan Pembuatan Akun E-COMMERCE Dalam Memajukan UMKM di Bulusari 

Mahasiswa KKN-PPM Ini Sri Kelompok 01 bersama ibu-ibu UMKM Getuk di Desa Jaranmati, Slogohimo, Wonogiri (doc.anisa/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng- WONOGIRI,- Sejumlah Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta di Kelurahan Bulusari, Kecamatan Slogohimo , Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah melangsungkan KKN-PPM Kelompok 01 dengan Dosen Pendamping Prof.Dr.Hera Heru Sri Suryanti,M.Pd. Mengadakan “Pelatihan Cara Pembuatan Akun E-COMMERCE Dalam Memajukan UMKM di Kelurahan Bulusari”. Kegiatan ini pun mendapatkan sambutan yang positif dari para pelaku usaha yang antusias untuk mempelajari teknologi e-commerce untuk mengembangkan UMKM warga setempat.

“Jadi kegiatan ini merupakan program kerja kami, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM di Kelurahan Bulusari dalam memasarkan produk secara online dan menjangkau pasar yang lebih luas dengan pelatihan pembuatan akun Shopee dan Marketplace di media sosial,” ungkap Anisa Setyawati Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Unisri Surakarta. Kamis, 22 Agustus 2024

Anisa berharap, dalam pelatihan pembuatan akun E-COMMERCE ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pemanfaatan e-commerce, mengetahui tata cara penggunaan e-commerce dan market place, membuka pasar baru bagi produk atau jasa yang ditawarkan , dan juga mempermudah para pelaku UMKM melakukan penjualan dengan menggunakan media sosial.

Anisa mengatakan sejumlah UMKM di Bulusari , antusias mengikuti pelatihan, mangingat hak itu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan usaha mereka, antara lain; Dalam kegiatan tersebut UMKM yang mengikuti pelatihan meliputi ; UMKM Getuk, UMKM Kripik Tempe, UMKM Kripik Singkong, UMKM Kripik Mlinjo, UMKM Kripik Pisang, UMKM Kripik Balung Kethek dan Peyek, UMKM Tempe Kedelai, UMKM Onde – Onde, UMKM Industri Roti.

“Alhamdulillah, kegiatan tersebut mendapatkan respon yang baik dari para pelaku UMKM,dimana menjadi modernisasi penjualan dengan mudah dan dapat manjangkau pasar yang lebih luas sehingga produk-produk di Kelurahan Bulusari bisa lebih dikenal oleh masyarakat di seluruh Indonesia serta mampu meningkatan penjualan, meningkatan kesadaran merek, hingga pengembangan hubungan para pelanggan sehingga mampu bersaing dengan produk-produk lainya,” pungkasnya. (anisa/ist/**)