Boyolali Berlari 7K Diikuti Ribuan Peserta

 

Fokus Jateng-BOYOLALI- Boyolali Berlari 7 K yang digelar pada Minggu 24 Agustus 2024) berlangsung meriah. Lomba lari tersebut diikuti 4.786 pelari. Lomba lari tersebut mengambil start dan finish dari komplek perkantoran Boyolali terpadu atau di Jalan Merdeka Timur. Para pelari mendapat pengawalan petugas keamanan maupun petugas kesehatan di sepanjang jalur. Hal ini guna memastikan keselamatan para pelari sepanjang mengikuti perlombaan.

Wakil  Bupati  Boyolali  Wahyu Irawan  usai  mengibarkan bendera  Start  mengatakan  dengan  agenda  rutin boyolali lari  7 K  diharapkan mampu  mencari  atlet  Boyolali prestasi  tingkat  nasional. Selain juga  sebagai  ajang  menyehatkan masyarakat. ”Tentunya kami berharap tahun depan jumlah peserta bisa meningkat dan jumlah hadiah terus bertambah.”

Lomba lari terbagi dua kategori, yaitu kategori pelajar sebanyak 1.438 orang dan kategori umum sebanyak 3.348 orang. Bahkan, untuk kategori umum juga diikuti sejumlah pelari tingkat nasional.

Kepala Disporapar Boyolali, Budi Prasetyaningsih menjelaskan, lomba Boyolali Berlari 7 K dimaksudkan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus. Lomba seperti ini digelar rutin setiap tahun.

“Selain itu juga untuk pembinaan atlet lari di Boyolali serta evaluasi pembinaan. Sekaligus untuk menggiatkan pariwisata Boyolali,” katanya.

Adapun total peserta sebanyak 4.786 pelari. Terdiri dua kategori, kategori pelajar sebanyak 1.438 peserta dan kategori umum ada 3.348 peserta. Lomba memperebutkan hadiah total sebanyak Rp 66 juta.

“Dimana untuk juara umum putra mendapat hadiah uang Rp 7 juta dan putri Rp 6 juta. Untuk kategori umum, ada atlet nasional, juga pelari dari luar Jawa dan kota lain di seluruh Jawa.”

Pihaknya juga menyediakan medali bagi 100 pelari umum baik putra maupun putri yang berhasil masuk finish. Demikian pula untuk kelompok pelajar, 100 pelari yang masuk finish juga memperoleh medali.

Pelari asal Bandung Jawa Barat yakni Julkipri Hutapea, meraih juara kategori umum.

“Saya untuk mengikuti lari 7K ini latihan tiga bulan. Pada tahun lalu saya juga ikut, namun hanya mendapat urutan no 6. Namun kali ini saya berhasil juara satu.” (**)