Mendapat Akreditasi Sangat Baik, SMP Marsudirini Santa Theresia Solo Gelar Misa Syukur

Misa Syukur - Romo Fransiskus Kristino Mari Asisi, SJ, memimpin misa syukur keberhasilan SMP Marsudirini St.Theresia mendapatkan akreditasi sangat baik. (Foto: Didik Kartika (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG–SOLO– Sebagai ungkapan rasa syukur atas prestasi sekolah mendapatkan akreditasi sangat baik, SMP Marsudirini Santa Theresia Surakarta  menggelar misa syukur. Misa Syukur tersebut sekaligus menjadi sarana untuk memohon berkat dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2025/2026.

Misa Syukur yang dipimpin oleh Romo Fransiskus Kristino Mari Asisi, SJ tersebut menghadirkan seluruh siswa dan siswi mulai kelas 7 hingga kelas 9. Selain itu, juga dihadiri para guru purna tugas, yang diundang karena jasa-jasa mereka turut memajukan sekolah.

“Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam akreditasi di antaranya, standar pelayanan sarana dan prasarana yang baik, standar pendidik dan tenaga pendidikan serta standar pembiayaan. Sekolah ini memiliki pelayanan yang baik, tata finansial yang baik dan kualitas guru yang baik,” papar Romo Tino, sapaan akrabnya, dalam homili yang disampaikan, Jumat (23/8/2024) di aula sekolah SMP Marsudirini Santa Theresia, Surakarta.

Saat memimpin misa, Romo Kristino menyempatkan menyanyikan sebuah lagu berjudul ‘Gala Bunga Matahari’. Lagu itu tampaknya sangat akrab bagi sebagain besar siswa siswi SMP Marsudirini Santa Theresia. Terbukti, saat Romo Tino yang menyanyikan lirik lagu tersebut, langsung diikuti sebagian besar siswa siswi.

Ketika menyanyikan penggalan lirik ‘Mungkinkah, Mungkinkah, Mungkinkah’, Romo Tino memberikan support melalui pertanyaan, ”Mungkinkah SMP Marsudirini Santa Theresia lebih meningkat lagi di tahun-tahun mendatang?,” ujar Romo Tino. Pertanyaan yang mengandung makna memotivasi tersebut langsung dijawab kompak seluruh sivitas sekolah dengan jawaban, ”Bisa!!!”

Usai misa digelar, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur atas prestasi sekolah mendapatkan akreditasi sangat baik serta sebagai tanda syukur dimulainya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2025/2026. Hadir dalam pemotongan tumpeng tersebut, Koordinator Kepala SMP Sr. M. Claudia, OSF, S.Pd, Kepala Sekolah Rita Hapsari S.Pd, para guru dan staf, guru purna tugas, perwakilan orangtua siswa serta seluruh sisa dan siswi SMP Marsudirini Santa Theresia, Surakarta.

Spiritualitas dan Kualitas Pelayanan

Sekolah ini memiliki semboyan Deus Providebit yang artinya Tuhan yang Menyelenggarakan. Semboyan itu menjadi pegangan bahwa seluruh penyelenggaraan kegiatan sekolah selalu mengandalkan Tuhan.

Kalimat sederhana tersebut dijadikan dasar karya pelayanan suster-suster OSF di bidang pendidikan, kesehatan dan sosial. Spiritualitas Deus Providebit diyakini akan adanya penyelenggaraan Tuhan, bahwa apa yang terjadi dalam setiap peristiwa hidup kita pertama-tama bukan karena kehendak kita sendiri atau pun sebuah kebetuluan, tetapi merupakan rencana dan penyelenggaraan Tuhan.

Pada perjalanan waktu, SMP Marsudirini Santa Theresia terus memperlihatkan kualitasnya di dalam pendidikan, karena seluruh sivitas sekolah selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap perjalanan kegiatan belajar mengajar. Jumlah siswa baru dari tahun ke tahun terus meningkat, hal ini memperlihatkan tingginya kepercayaan orangtua siswa menitipkan pendidikan putra dan putrinya pada SMP Marsudirini Santa Theresia.

Fasilitas yang dimiliki juga semakin baik dan diperbaharui secara berkala. Yang sangat terlihat mencolok, sekolah tersebut sangat bersih dan rapi. Selain memiliki guru-guru yang ramah dan bersahabat, sejumlah ekstrakulikuler guna menunjang skill, minat dan bakat, juga diperhatikan dengan serius.

Sementara itu, di sela ramah tamah menyantap tumpeng, di halaman sekolah digelar pengumuman pemenang lomba 17 Agustusan dan dilanjutkan dengan pengambilan aneka snack yang dibentuk ke dalam 3 gunungan snack. (Didik Kartika)