Mahasiswa Unisri Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di SDN 2 Bulusari

 

Fokus Jateng- WONOGIRI,- Mengajarkan kebiasaan menabung kepada anak-anak sejak usia dini menjadi fokus utama dalam sosialisasi menabung uang saku dari orang tua yang diselenggarakan di SD N 2 Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan ini diprakarsai mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri program studi Akuntansi, Restu Nugroho (21) dari kelompok 1, sebagai bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) 2024, dengan DPL Prof. Dr. Hera Heru Sri Suryanti, MPd. bertema “UNISRI Ikut Serta Dalam Penguatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat Didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah”. Dilaksanakan pada 22 Juli 2024 hingga 29 Agustus 2024.

Menurut Restu Nugroho, kegiatan Penyuluhan dan praktek pentingnya menabung sejak dini tersebut, menyasar siswa kelas lima dan enam SDN 2 Bulusari, dengan tujuan membangun kebiasaan baik anak-anak, agar berhemat, seperti menabung sebagian uang saku yang diterima dari orang tua mereka.

“Materi yang kami sampaikan pada kegiatan belajar mengajar itu dimulai dari pengertian menabung, tujuan menabung, hingga cara menabung supaya keinginan yang mereka miliki bisa tercapai. Kami berharap kebiasaan menabung ini dapat terus mereka lakukan hingga dewasa,”katanya.

Restu Nugroho menambahkan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk membentuk karakter anak-anak agar lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka. Mengingat, para siswa cukup antusias, sehingga termotivasi untuk menyisihkan sebagian kecil dari uang jajannya untuk ditabung. (ist/**)