Dewan Profesor UNS Gelar Diskusi Pencapaian Target Energi Baru Terbarukan tahun 2050

 

Fokus Jateng- SOLO – Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Kembali menggelar acara Diskusi Kelompok Terpumpun Panja Energi Bersih dengan tema “Penguatan Riset dan Keilmuwan dalam Akselerasi Pencapaian Target Energi Baru Terbarukan tahun 2050″ , pada Jumat, 23 Agustus 2024 di Ruang Mangkunegara Lounge Lantai 1 UNS Inn.

Turut hadir sebagai narasumber Ir. Susetyo Edi Prabowo, M.Si dari PPSDM Kementerian ESDM RI. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Dewan Profesor, Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc, Ph.D. dilanjutkan dengan narasumber dari PPSDM Kementrian ESDM, Ir. Susetyo Edi Prabowo, M.Si yang menyampaikan paparan tentang Penguatan Riset dan Keilmuan dalam Akselerasi Pencapaian target EBT tahun 2050. Paparan dimulai pengenalan Lembaga Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi atau yang biasa disingkat dengan PPSDM KEBTKE.

“ Saat ini, keberadaan PPSDM KEBTKE merupakan satu-satunya unit yang berada langsung di bawah Pemerintah cq. Kementerian ESDM, yang diberi mandat melaksanakan peningkatan kapasitas SDM bidang Ketenagalistrikan dan EBTKE,” ucapnya.

Program Unggulan PPSDM KEBTKE dimulai dari Program Diklat Masyarakat TA 2024, dimana PLTS Terpusat melakukan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi PLTS bagi Operator dan atau Pengelola. Untuk PLTMH melakukan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi PLTMH Bagi Operator dan atau Pengelola dan IPTL, melakukan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) Bagi Pelaksana Madya dan Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik dengan melakukan Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Motor Listrik. Kedua, membuat rencana Diklat Masyarakat TA 2025. Ketiga, melakukan Diklat Industri dan Sertifikasi Kompetensi.

“Selanjutnya, Konversi Sepeda Motor Listrik. Dalam hal ini, melakukan Pelatihan dan Layanan Jasa Koversi Motor Listrik yang dimulai dengan Pelatihan Teknis Konversi Motor Listrik (Dasar). Kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan dan Layanan Jasa Koversi Motor Listrik secara berkelanjutan. Terakhir, adanya potensi Kerja Sama Dengan PPSDM KEBTKE melalui Platform Kegiatan Konversi Sepeda Motor Listrik,” terang Ir. Susetyo Edi Prabowo, M.Si.

Setelah paparan selesai, dilanjutkan dengan acara diskusi dan tanya jawab terkait dengan apa yang sudah disampaikan dari PPSDM Kementerian ESDM RI serta diakhiri dengan penutup. (ist/**)