Keren ! Mahasiswa KKN UNISRI Membuat Infografis Kependudukan dan Website Kelurahan Bulusari

Diyah Ayu Wulandari menyerahkan infografis kepada pihak Kelurahan Bulusari, Slogohimo, Wonogiri (doc/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng-BOYOLALI WONOGIRI, – Permasalahan renyahnya cakupan dan kualitas data kependudukan tidak terlepas dari adanya hambatan yang terkait dengan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan, seperti kurangnya akurasi dan ketepatan data, proses pendataan yang lambat dan manual, kurangnya sosialisasi dan pemahaman masyarakat, tidak tersedianya sistem pengelolaan data yang efektif, dan minimnya transparansi dan aksesibilitas data.

Mendapati belum adanya website kelurahan yang akan diakses banyak masyarakat. Diyah Ayu Putri Wulandari, mahasiswa KKN UNISRI 2024 dari program studi Ilmu Administrasi Negara, menginisiasi pembuatan infografis kependudukan dan website di Kelurahan Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

”Salah satu permasalahan yang terjadi di Kelurahan Bulusari ini adalah kurangnya pemahaman masyarakat terkait kependudukan yang data nya belum di update dan belum adanya website kelurahan yang akan diakses banyak masyarakat, katanya.

Program ini dimulai dengan pengambilan data pada Jumat, 26 Agustus 2024 di Kelurahan Bulusari. Didukung oleh perangkat kelurahan setempat dan sejumlah siswa PKL dari SMKN 1 Jatiroto, selanjutnya data yang telah diperoleh kemudian divisualisasikan dan didesain menjadi infografis kependudukan yang memuat batas wilayah, jumlah RT, RW, KK, Luas Wilayah, Total Penduduk, Agama, Sarana dan Prasarana, serta Mata Pencaharian.

“Untuk pembuatan website ini berlangsung selama 3 minggu. Adapun halaman website ini https://kelurahanbulusari:com.preview-domail.com/.”

KKN-PPM 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 22 Juli – 29 Agustus 2024 ini, lanjut Diyah, bertajuk UNISRI Ikut Serta Dalam Penguatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat di Dukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah.

“Harapan kami mengenai program kerja yang kami lakukan adalah untuk mengenalkan secara visual mengenai kependudukan di Kelurahan Bulusari dan memberikan informasi secara luas kepada masyarakat mengenai website Kelurahan Bulusari yang dapat diakses banyak orang”, pungkasnya. (ist/**)