Mahasiswa Unisri Beri Pelatihan Konten Digital UMKM di Kelurahan Bulusari

 

Fokus Jateng- WONOGIRI, Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) menggelar pelatihan Konten Digital UMKM Kelurahan Bulusari Melalui Media Sosial, Kelurahan Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Dalam pelatihan yang bertema UNISRI Ikut Serta dalam penguatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat didukung penguatan daya saing ekonomi daerah, dilaksanakan mulai tanggal 22 Juli 2024 hingga 29 Agustus 2024.

Salah seorang mahasiswa KKN-PPM Unisri Kelompok 01, Alfino Fauzan Aziz dari kelompok 01 dengan DPL Ibu Prof. Dr. Hera Heru Sri Suryanti, mpd. Mengemukakan bahwa pelatihan konten digital untuk UMKM Dusun Jaran Mati, Kelurahan Bulusari merupakan langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi desa.

“Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, UMKM lokal dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan brand awareness, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan.”

Disebutkan, ada beberapa potensi pemberdayaan desa melalui konten digital UMKM, diantaranya; Jangkauan Pasar yang Lebih Luas, Biaya Promosi yang Efektif, Meningkatkan Citra Desa, Meningkatkan Citra Desa.

“Kemudian biaya promosi lebih efektif, karena dibandingkan dengan iklan konvensional, promosi melalui media sosial umumnya lebih terjangkau. UMKM dapat membuat konten sendiri dan menargetkan audiens yang spesifik.”

Hanya saja, ada beberapa kendala seperti jaringan internet, keterbatasan keahlian, persaingan ketat hingga perubahan algoritma media sosial secara berkala yang dapat mempengaruhi jangkauan konten UMKM.

Untuk itu, lanjut Alfino diperlukan strategi pemberdayaan yang efektif, seperti pelatihan digital, dukungan infrastruktur (internet), kerjasama dengan influencer lokal hingga membangun komunitas online dan pemanfaatan fitur media sosial.

“Jadi bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan tiktok secara maksimal. ini terbukti dimana UMKM 2 Putra di Dusun Jaran Mati, berhasil membuat konten digital yang menarik dan efektif, Link Konten Digital itu dapat dibuka melalui https://vt.tiktok.com/ZS2h71X7C/

https://www.instagram.com/reel/C_LyRykhwnY/?igsh=N2oyM283Nm0zd2ll

link nya tiktok/ig,”paparnya.

Ia menandaskan, bahwa pemberdayaan desa melalui konten digital UMKM memiliki potensi yang sangat besar. Namun, perlu adanya upaya bersama dari berbagai pihak untuk mengatasi tantangan yang ada. Dengan strategi yang tepat, UMKM Kelurahan Bulusari dapat tumbuh dan berkembang serta berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (ist/**)