Meriah, Mahasiswa Unisri Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 Desa Jatirejo

Fokus Jateng-WONOGIRI,- Mempromosikan kebiasaan menabung sejak dini, Fadhilla Yuriska Fauziah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Anggo Doyoharjo, S.H, M.H menggelar sosialisasi literasi keuangan, menyasar siswa kelas 6 SDN 2 Jatirejo, Desa Jatirejo, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Sebagai bagian dari program KKN, mahasiswa Universitas Slamet Riyadi, Fadhilla berkomitmen untuk berbagi pengetahuan mengenai literasi keuangan kepada anak-anak di Desa Jatirejo. “Kegiatan ini kami fokuskan pada siswa s elas 6 SD, karena pada usia ini anak-anak mulai belajar tentang tanggung jawab dan memiliki kemampuan untuk memahami konsep-konsep dasar tentang uang dan keuangan, ” kata Fadhilla.

Disebutkan, kegiatan sosialisasi literasi keuangan ini memiliki beberapa tujuan penting, diantaranya; Mengajarkan Nilai Kesabaran dalam mencapai tujuan. Selanjutnya, siswa dapat merencanakan Keuangan dari awal. Serta, mengajarkan kedisiplinan, dimana siswa dapat mengembangkan kebiasaan menabung secara teratur dan mengelola uang dengan bijaksana.

Untuk membuat proses pembelajaran menyenangkan dan interaktif, Fadhilla membagi kegiatan menjadi beberapa sesi, mulai dari pembukaan pengenalan, sesi edukasi hingga workshop tentang pembuatan celengan kreatif.

“Jadi, kami mengajarkan bagaimana cara membuat celengan dengan konsep daur ulang, seperti pembuatan celengan kreatif dari botol bekas, menjadi unik dan menarik,” papar Fadhilla.

Suasana menjadi sangat interaktif dan meriah ketika siswa mulai terlibat dalam workshop, dimana mereka harus mengumpulkan bahan seperti botol bekas, cat, kertas warna, dan alat-alat dekorasi lainnya. Hingga mereka harus menghias dengan berbagai macam dekorasi sesuai kreativitas masing-masing siswa.

“Ada sesi yang sangat menarik yakni pemasangan slot untuk memudahkan proses menabung yang diwarnai dengan tanya jawab dan saling berbagi cerita.”

Kegiatan diakhiri dengan penutupan dari pihak penyelenggara, di mana siswa diberikan sertifikat partisipasi dan hadiah kecil sebagai apresiasi atas usaha mereka. Sertifikat ini tidak hanya sebagai pengakuan tetapi juga sebagai motivasi bagi siswa untuk terus belajar dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari.

“Kegiatan sosialisasi literasi keuangan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa kelas 6 SD di Desa Jatirejo. Dengan memperkenalkan konsep menabung dan perencanaan keuangan sejak dini, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan kebiasaan yang baik dalam mengelola uang dan mempersiapkan masa depan mereka dengan lebih baik,” pungkasnya. (ist/**)