Meriah, Bulan Bakti Peternakan dan Hari Ikan Nasional Tahun 2024 di Boyolali

Fokus Jateng-BOYOLALI, – Ratusan warga memadati area pameran hasil pertanian dan hasil olahan makanan di kawasan selatan Komplek Perkantoran Terpadu Kemiri pada Senin 02 September 2024 pagi.
Jalan yang biasa lengang, pagi itu mendadak ramai setelah puluhan stan pameran digelar dalam rangkaian acara memperingati Bulan Bakti Peternakan dan Hari Ikan Nasional Tahun 2024 yang diadakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali.
Selain itu juga ada puluhan ekor sapi mengikuti parade sapi tunggang mulai dari Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali menuju Taman Kalpataru
“Semoga dapat memberikan dorongan memotivasi para peternak di Kabupaten Boyolali untuk terus menghadirkan apa yang kita harapkan, yakni Kabupaten Boyolali menjadi lumbung pangan. Maka untuk mewujudkan membutuhkan peran dan kerjasama secara baik. Baik dari sisi pemerintah maupun dari sisi para peternak,” kata Bupati Boyolali, M Said Hidayat menandai dibukanya acara tersebut.
Turut hadir, Wakil Bupati Wahyu Irawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani, Direktur Bank Boyolali Dono Srihananto beserta jajaran Forkopimda dan pejabat terkait.
Menurut Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali Lusia Dyah Suciati, kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2024 serta Hari Ikan Nasional. Dijelaskan bahwa acara ini juga untuk memotivasi para peternak dan para pelaku produk hewan yang ada di Boyolali.
“Jadi harapan kami dengan adanya kegiatan ini merupakan ajang untuk membantu dan mempromosikan mitra UMKM produk hewan,” ungkapnya.
Pantauan di lokasi, Disnakkan Kabupaten Boyolali menggelar Bulan Bakti Peternakan dan Hari Ikan Nasional Tahun 2024 selama tiga hari dari Senin-Rabu (02-04 September 2024). Terdapat banyak kegiatan yang digelar, diantaranya Parade Sapi Tunggang, Kontes Sapi Perah, Vaksin Rabies Gratis, Talkshow Pet Animals, Kontes Aquascape, Lomba Tebak Ikan, Lomba Mancing Ikan, Lomba Masak Ikan, Lomba Masak Bahan Telur, Gerakan Minum Susu (Gerimis), Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan), Gelar Produk Hewan dan Ikan, Boyolali Cat Show, dan Pesta Patok Kambing/Domba HPDKI. (**)