Kemarau Panjang, Warga Boyolali Utara Dapat Droping Air Bersih dari Tim Tanggap Bencana Agus-Fajar

Warga Dukuh Bodeh, Desa Guwo, Kecamatan Juwangi, Boyolali lega mendapat kiriman air bersih dari tim tanggap bencana Agus-Fajar. (/Fokusjateng.com)

Distribusi Sebulan Tembus 100 Tangki
FOKUSJATENG.COM-BOYOLALI-Pagi itu terlihat galon bekas, sejumlah jeriken, dan ember bekas cat berjejer rapi di pinggir jalan Dukuh Bodeh RT 03 RW 05, Desa Guwo, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali. Perkakas penampung air bersih ini sengaja dijejer warga setempat lantaran mendapat kabar jika ada droping air bersih.

Informasi tersebut datang dari tim sosial dan penanganan kebencanaan perubahan iklim bakal calon bupati-wakil bupati Boyolali Agus Irawan-Dwi Fajar Nirwana. Selang beberapa menit kemudian tim relawan datang mengangkut air bersih menggunakan truk tangki. Uluran tangan ini sebagai bentuk komitmen kepada warga Boyolali utara yang rawan krisis air bersih untuk mendapatkan pelayanan sosial dasar layak.

Kedatangan tim sosial Agus-Irawan ini pun disambut riang oleh warga. Sebab, mereka sudah beberapa bulan terdampak kemarau panjang dan mengalami krisis air bersih. “Kami mendapat amanat untuk terus mengirim air bersih ke wilayah Boyolali utara,” jelas Bayu, salah satu relawan yang mengirim air bersih Selasa 3 September 2024.

Aksi sosial tersebut sudah dilakukan sebulan terakhir. ”Kami mengirim air bersih ke wilayah utara tiga sampai empat kali sehari,” papar dia.

Para relawan mengirim bantuan air bersih ini menggunakan armada truk tangki. Sesampainya di lokasi, air bersih tersebut sudah disambut oleh warga dengan riang gembira. ”Jika sehari tiga sampai empat kali ya sampai sekarang sudah mencapai 100 tangki lebih,” papar dia.

Kegiatan droping air bersih tersebut akan dilakukan sampai musim kemarau selesai. Diakuinya, uluran tangan dari Agus Irawan dan Dwi Fajar Nirwana ini belum bisa mencukupi kebutuhan air bersih warga di Boyolali utara, namun bisa meringankan beban masyarakat. ”Warga sendiri tidak mampu membeli kebutuhan air bersih setiap hari,” tandasnya.

Wilayah Boyolali utara yang sudah mendapat droping air bersih adalah Kecamatan Juwangi, Kecamatan Wonosegoro, dan Kecamatan Wonosamodro. Kemudian minggu-minggu ini sudah melebar ke Kecamatan Kemusu. (*)