UNS dan ISI Surakarta Jalin Persaudaraan Melalui Olahraga Tenis Meja Bersama

 

Fokus Jateng-SURAKARTA,— Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar Pertandingan Persahabatan Tenis Meja. Pertandingan ini digelar di Aula Gedung Pascasarjana UNS, Jumat 6 September 2024.

Pertandingan Persahabatan Tenis Meja dibuka oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Hartono, dr. M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Hartono menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim Tenis Meja dari ISI Surakarta yang langsung dipimpin oleh Rektor, Dr. I Nyoman Sukerna. “UNS dengan ISI Surakarta ini kan bertetangga, hanya dipisahkan oleh tembok pagar saja. Dengan kegiatan bersama seperti ini, semoga antara ISI dengan UNS hubungan persahabatan semakin erat. Dan yang paling penting lagi, dengan kegiatan olahraga seperti ini, membuat raga menjadi sehat,” terang Prof. Hartono.

Selama ini, lanjut Prof. Hartono, UNS dan ISI Surakarta sudah rutin menggelar kegiatan perayaan Natal Bersama. Saat ini, digelar kegiatan olahraga bersama, tidak menutup kemungkinan kedepan akan digelar kegiatan kesenian bersama. “UNS memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam bidang seni, kemudian beberapa fakultas di UNS juga memiliki komunitas kesenian. Bisa direncanakan kedepan digelar kegiatan kesenian bersama antara UNS dengan ISI,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Profesor UNS, Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D. menyambut baik kegiatan olahraga bersama ini. “Kita tidak mencari kemenangan, tapi pertandingan persahabatan tenis meja antara UNS dengan ISI ini lebih sebagai ajang untuk saling bersilaturahmi membangun persaudaraan, untuk mendekatkan secara emosianal dan fisik. Melalui olahraga bersama ini, suasana menjadi cair, lebih saling mengakrabkan persaudaraan antara dosen di UNS dengan dosen di ISI Surakarta. Dan yang paling penting lagi, dengan olahraga badan menjadi sehat. Kalau kita sehat, mengajar perkuliahan kepada mahasiswa juga maksimal. Kalau tidak sehat, semua tidak berarti apa-apa,” ujar Prof. Suranto.

Prof. Suranto memiliki harapan olahraga bersama antara UNS dengan ISI Surakarta ini dapat menjadi kegiatan rutin. “Saya setuju dengan harapan Pak Rektor, bahwa tidak hanya olahraga saja, bisa juga digelar acara kesenian Bersama,” imbuh Prof. Suranto.

Sedangkan, Rektor ISI Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna yang turut main Tenis Meja dengan pasangan Raden Lalan Fuandara terlihat sangat menikmati pertandingan melawan Ketua Dewan Profesor UNS, Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D. dengan pasangan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya UNS, Prof. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CFrA.

“Kami dari ISI Surakarta sangat senang dengan kegiatan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada UNS atas terselenggaranya Pertandingan Persahabatan Tenis Meja. Kalau badan sehat, maka kinerja kita akan bisa maksimal,” ujar Dr. I Nyoman Sukerna.

Rektor ISI Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna berharap, ISI Surakarta dan UNS bisa saling berkolaborasi tidak hanya dalam kegiatan olahraga, namun bisa dalam hal kesenian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (ist/**)