Gegara Merokok di Kasur, Satu Rumah di Mojosongo Terbakar

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Seorang kakek warga Dukuh Margopurno, RT08/RW05, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali mengalami luka bakar ketika api melalap habis rumah berdinding tembok berukuran 9×12 meter2 miliknya. Ironisnya, sumber api diduga dari bara api rokok kakek yang jatuh ke kasur dan membakar seisi rumah kakek berusia 86 tahun itu.

Kasi Bimbingan dan Pengembangan Pemadam Kebakaran Satpol PP Boyolali Mochammad Supriyatin mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 12.17 WIB.

“Korban ini sudah berusia 86 tahun dan tinggal seorang diri. Saat itu korban merokok di dalam kamarnya,” katanya. Jumat 13 September 2024.

Dijelaskan, sembari merokok korban beranjak keluar dari kamar. Diduga, tanpa disadari oleh korban ada, percikan api rokok terjatuh di atas kasur.

“Setelah dari depan rumah, saat masuk ke kamar, korban mendapati api di kasur sudah membesar,” kata Supriyatin.

Korban berteriak meminta pertolongan seraya memadamkan api yang sudah terlanjur membesar itu.

“Akibatnya korban mengalami luka bakar ringan pada lengannya.”

Dari kejadian kebakaran itu, rumah dan seisinya hangus terbakar. Warga menghubungi polisi dan petugas damkar Kabupaten Boyolali.

Satu unit gajah merah dari Mako Damkar Boyolali datang ke lokasi kebakaran untuk upaya pemadaman api.Proses pemadaman api dan pendinginan berlangsung kurang lebih 1 jam. Tim Damkar dibantu sejumlah relawan dan warga sekitar lokasi. “Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Sedangkan untuk kerugian belum bisa dihitung,” ucap Supriyatin. ( yull/**)