Truk Pengangkut Mobil Tabrak Toyota Etios di Tol Boyolali

Fokus Jateng- BOYOLALI,- Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil citycar Toyota Etios dengan truk car carrier atau truk trailer pengangkut mobil di Jalan Tol Solo Ngawi kilometer 492 jalur A di ruas Boyolali, Jawa Tengah. Kerasnya benturan membuat kedua kendaraan mengalami kerusakan. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi disimpang tol Solo-Ngawi dan Tol Jogja- Solo, wilayah Desa Denggungan, Kecamatan Banyudono, pada Rabu 25 September 2024 siang.
Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, Iptu Budi Purnomo menjelaskan peristiwa tersebut bermula saat citycar bernomor polisi E 1627 PW melaju dari arah barat menuju timur atau dari arah Semarang menuju Solo, membawa tiga penumpang dari Cirebon dengan tujuan hendak menengok saudaranya ke Rumah Sakit Karima Utama Kartasura, Sukoharjo.
Sesampainya di lokasi kejadian, pengemudi yang juga berasal dari Cirebon diduga merasa bingung, kemudian menghentikan laju kendaraannya untuk membuka Google Maps.
“Dia berhenti di atas (marka) chevron, namun untuk ban kanan masih berada di lajur satu,” kata Budi.
Sementara itu dari belakangnya melaju truk car carrier atau truk trailer pengangkut mobil bernomor polisi H 9564 NA. Diduga karena jarak yang terlalu dekat, membuat pengemudi truk tidak bisa mengendalikan kendaraan sehingga menabrak bagian belakang citycar dan baru berhenti setelah menabrak guardril di jalan arah tol Jogja-Solo.
“Truk pengangkut mobil itu dari Semarang dengan tujuan Mojokerto. Kalau kecelakaan itu terjadi karena jarak kedua kendaraan tersebut kurang aman.”
lebih lanjut, Iptu Budi Purnomo mengatakan penumpang dan pengemudi citycar bisa menyelamatkan diri, sehingga tidak mengalami luka-luka. begitu juga pengemudi truk dan penumpang truk selamat tidak mengalami luka-luka. sedangkan sejumlah mobil yang diangkut truk tersebut juga tidak mengalami kerusakan. hanya saja, kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan, termasuk pembatas jalan tol yang tertabrak truk mengalami kerusakan.
“Tidak ada korban, hanya kerugian materiil. Untuk sopir dan penumpang Etios selamat. Pengemudi dan kernet car carrier juga selamat. Muatan berupa 6 mobil baru juga dalam kondisi baik, tidak ada kerusakan,” tegas Budi. (yull/**)