Satu Kios Ikan di Boyolali Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Fokus Jateng-BOYOLALI, – Kebakaran hebat menghanguskan satu bangunan kios di Dusun Jebol RT 1 RW 7, Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak. Sebuah kios ikan hias dan pancing berisi alat aquarium, pancing, ikan hias hingga sepeda motor habis dilalap si jago merah.
Diketahui, kondisi kios didominasi perlengkapan berbahan kayu. Sehingga sangat mudah terbakar. Pemilik kios, Miftah Fajar mengaku baru mengetahui kebakaran itu karena mati lampu sekira pukul 05.30. Saat dia datang, api telah menghanguskan kiosnya. Kendati demikian dia masih bisa menyelamatkan satu unit mobil yang berada di samping kiosnya. Namun, sepeda motornya jadi korban.
Kebakaran diduga berasal dari konsleting listrik, kemudian percikan api menyambar kapas. Setelah itu api merembet ke seluruh kios.
“Posisi tempat pancing sudah hancur, merembet ke sisi selatan merambat ke alat-alat aquarium, alat-alat listrik, seperti pompa dan lampu, delalah ada tabung oksigen dan freonnya. Yang membuat kebakaran membesar. Lalu merembet ke timur, di situ banyak kapas itu ada banyak abis kulakan,” ujarnya.
Sedangkan kerugiannya ditaksir mencapai ratusan juta. “Nggih, kerugian semuanya Rp 150 juta lebihlah, sampai Rp 200-an juta. Alat-alat itu, pancing, dari pertama krisis. Dan ikannya banyak semua, ada semua dan posisi abis kulak habis Rp 4 juta,” jelasnya.
Senada, Sukaryono ketua RT setempat menduga kejadian kebakaran di toko ikan hias itu akibat konsleting listrik. Percikan api menyambar kapas yang diterletak di bawah kabel. Kemudian merambat ke alat-alat aquarium dan oksigen.
“Yang terbakar semua yang ada di toko, alat-alat, tabung oksigen dan lain-lain. Tabungnya sempat meledak dua sampai tiga kali. Tidak ada korban jiwa, Alhamdulillah pemilik sudah keluar. Motornya satu terbakar,” jelasnya.
Sementara, dua unit truk Damkar Satpol PP Boyolali dan satu Damkar dari Surakarta datang saat api mrmbumbung tinggi, petugas langsung melakukan pemadaman dan pendinginan. “Dugaan awal penyebab kebakaran dari konsleting listrik. Media yang terbakar aquarium dan pakan ternak,” ucap salah satu petugas. ( **)