Bawaslu Solo Gandeng Pengemudi Becak Ajak Awasi Pilkada Di Car Free Day Solo

 

Fokus Jateng-SOLO- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solo hari Ini menggelar aksi unik dengan menggandeng pengemudi becak untuk mengajak warga turut mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Para penumpang becak juga mengenakan topeng Pasangan Calon Walikota dan wakil WaliKota Solo yakni Teguh Prakosa- Bambang Gage dan Respati Ardi – Astrid Widayani. Hal ini sebagai simbol bahwa Pilkada di Kota Solo akan senantiasa beriringan dan berlangsung kondusif di Kota Solo.

Selain topeng, iring-iringan becak juga membawa beraneka tulisan dan slogan pengawasan Pilkada 2024, diantaranya tolak money politik, tolak isu SARA, tolak ujaran kebencian hingga ajakan mengawasi Pilkada 2024.

“Setiap Minggu pagi kita lakukan sosialisasi di Car Free Day di dua titik, yakni satu titik dengan pawai becak dari sebelah timur Solo Grand Mall hingga Ngarsopuro dan satu titik lagi hiburan rakyat ” Guyon Maton,”terang Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono disela kegiatan.

Menurut Budi hal ini sebagai langkah Bawaslu Solo dalam melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif menjelang Pilkada terutama di masa kampanye.

Ditemui ditempat yang sama, koordinator acara, sekaligus anggota Bawaslu Agus Sulistyo menyebutkan bahwa gelaran sosialisasi tatap muka ini bertujuan utk membangun kesadaran dan komitmen masyarakat pentingnya pengawasan berbasis masyarakat.

“Dalam terminologi Bawaslu sering kita sebut Pengawasan partisipatif atau soswastif. Kita berharap masyarakat yang menyaksikan pawai becak ataupun hiburan rakyat akan terbangun rasa untuk turut berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada 2024,” pungkas Agus. (AN/**)