Fraksi PDIP Sapu Bersih Pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Boyolali

i fraksi tergemuk di legislatif Boyolali. Fraksi PDIP menyapu bersih seluruh pimpinan alat kelengkapan dewan (Alkap) Boyolali. Bahkan tak menyisakan satu pun pimpinan Alkap kepada Fraksi lainnya. Hal itu terungkap dalam hasil rapat paripurna DPRD Boyolali, pada Rabu 9 Oktober kemarin. Adapun nama-nama yang ditetapkan sebagai pimpinan Alkap di antaranya adalah Nuraziz Putra Aditama (PDIP) sebagai Ketua Komisi I. Selanjutnya Ani Hartanti (PDIP) sebagai Ketua Komisi II, Gamma Wijaya (PDIP) sebagai Ketua Komisi III dan Suyadi (PDIP) sebagai Ketua Komisi IV. Posisi Ketua Bapemperda Fraksi PDIP mempercayakan kepada kadernya Indras Krisparwati, dan posisi Ketua Badan Kehormatan (BK) kepada Tiyono.

Sebelumnya, dalam pelantikan pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boyolali periode 2024-2029, Selain Susetya Kusuma DH yang terpilih menjadi ketua DPRD, jabatan wakil ketua diduduki oleh Nur Arifin (Fraksi PKS). Fuadi (Fraksi Golkar), dan Aziz Aminudin (Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya yang merupakan gabungan dari Partai Gerindra dan PKB).

Hal ini diakui Ketua DPRD Boyolali, Susetya Kusuma DH, Jumat 11 Oktober 2024, hasil rapat menunjukkan untuk jabatan ketua Alkap, semuanya ditempati kader PDIP. Sementara untuk posisi wakil ketua terutama untuk komisi juga dijabat oleh kader-kader PDI, dan partai lainnya seperti PKS.

“Yang menentukan pimpinan Alkap adalah masing-masing anggota dari Alkap itu sendiri. Dalam hal ini, pimpinan DPRD hanya memfasilitasi,” katanya.

Menurut Susetya, pembentukan Alkap ini menjadi langkah awal untuk menyusun program kerja DPRD Boyolali selama lima tahun ke depan. “Apa pun itu, kami harus menjaga aspirasi warga masyarakat di Kabupaten Boyolali. Kami harus mempertanggungjawabkan itu, kami sebagai penyambung warga Kabupaten Boyolali dan itu yang harus kami lakukan,” kata dia.

Di lain pihak, untuk seluruh anggota dewan baik legislator baru maupun lama diharapkan segera bisa beradaptasi agar bisa bekerja optimal

Sebagaimana diketahui, seluruh anggota DPRD Boyolali sejumlah 50 orang telah dilantik pada Senin 19 Agustus 2024. Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Boyolali tersebut terpilih dalam lima Dapil. Sebagai tambahan informasi, pada pemilihan umum Tahun 2024 ini PDIP mendulang sebanyak 36 kursi, PKS sebanyak 4 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 4 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 3 kursi dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebanyak 3 kursi. (yull/**)