Gara-gara Membakar Sampah, Satu Rumah di Boyolali Hangus Dilalap Api

Fokus Jateng-BOYOLALI, -Naas, gara-gara api pembakaran sampah, rumah beserta isi ludes terbakar. Musibah kebakaran ini dialami keluarga Sumanto di Dusun Tukangan, Rt 08/02, Desa Randusari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Jumat 11 Oktober 2024.

“Awalnya, ada warga sekitar hendak membakar sampah. Namun nahas, rumah yang selama ini jadi tempat tinggal korban malah ikut ludes terbakar,” kata Kasi Bimbingan dan Pengembangan Pemadam Kebakaran Satpol PP Boyolali Mochammad Supriyatin saat dihubungi melalui selulernya. Pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 15.31 WIB. Damkar Satpol PP Pemkab Boyolali langsung meluncurkan dua unit gajah merah/ mobil brandweer ke tempat kebakaran.

Tiba di lokasi kebakaran, ternyata api sudah membumbung tinggi, petugas pun langsung melakukan pemadaman. Proses pemadaman dibantu oleh personel kepolisian dari Polsek dan anggota TNI dari Koramil Teras, bersama Perangkat Desa Randusari dan warga masyarakat.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, ” kata Supriyatin.

Kepada petugas, warga menuturkan melihat api telah berkobar tanpa terkendali. Api itu membakar rumah bagian dapur lalu merembet ke rumah induk. Warga kesulitan memadamkannya, karena angin yang cukup kencang. Selain itu kebakaran terjadi di tengah terik matahari.

Supriyatin menuturkan penyebab pasti kebakaran masih diteliti oleh petugas. Tapi sebagian warga menyatakan, sumber kebakaran berasal dari api pembakaran sampah yang berada tak jauh dari rumah korban.

“Ada orang yang membakar sampah. Tanpa disadari, saat ditinggal pergi, apinya berkobar karena ada tiupan angin.”

Para tetangga baru mengetahui ada kebakaran, setelah api terlanjur membesar membakar rumah tanpa terkendali. Dimana kobaran apinya sulit dipadamkan oleh warga sekitar.

Terkait kejadian tersebut, warga masyarakat diimbau untuk berhati-hati ketika melakukan pembakaran sampah. (yull/**)