Hujan Deras dan Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Boyolali

 

Fokus Jateng- BOYOLALI- Digoyang angin kencang dan hujan deras hingga lebih dari dua jam, membuat sejumlah pohon tumbang menimpa rumah maupun menutup jalan. Proses evakuasi memakan waktu hingga Senin 14 Oktober 2024 pagi. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

“Dampak hujan yang diiringi angin pada Minggu (13 Oktober) malam kemarin. Sedikitnya lima laporan kejadian. Dari total kejadian kemarin diperkirakan kerugian mencapai Rp 30 juta – Rp 40 jutaan,” kata Kalak BPBD Boyolali Suratno, Senin 14 Oktober 2024.

Dikemukakan, kejadian hujan dan angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang. Kejadian ini terjadi di wilayah Kecamatan Mojosongo dan Boyolali.

“Laporan dari masyarakat pukul 18.00 (13 Oktober) di Kelurahan Mojosongo di ruas jalan Solo-Semarang, timur Polres Boyolali. Ada pohon tumbang yang menutup akses jalan. Pohon tumbang juga terjadi di DPRD Boyolali,” imbuhnya.

Dusun Jelek, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, dilaporkan sebatang pohon besar tumbang menimpa pagar rumah milik Siti. Pohon tumbang juga menimpa dua rumah di Dusun Jelek RT 10/RT11 RW 05, Desa Jurug Mojosongo.

“Di Mojosongo, pohon tumbang juga menimpa rumah Iskandar dan Munardi. Pohon tumbang itu juga menimpa jaringan listrik sehingga kami menunggu PLN untuk penanganan listriknya. Baru pagi ini kami tangani,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Potensi hujan dan angin kencang masih akan terjadi. Masyarakat diminta memangkasan pohon yang dekat dengan rumah. Hal itu diharapkan bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. (yull/**)