Tertib Berlalu Lintas Sejumlah Pengendara di Boyolali Dapat Souvenir

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Operasi Zebra Candi 2024 resmi diberlakukan di wilayah hukum Jawa Tengah. Namun Ada yang menarik dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan Satlantas Polres didukung Dishub dan Samsat Boyolali itu.

Personel Satlantas bukan memberikan sanksi tilang, tetapi justru membagi-bagikan souvenir dan bantuan kepada pengguna jalan di kawasan Lampu Traffic Light Sunggingan dan area parkir Pasar Sunggingan, pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Menurut Kasihumas Polres Boyolali, AKP Arif Mudi Prihanto, menjelaskan bahwa sinergi antara Polres Boyolali, Dishub, dan Samsat Boyolali bertujuan memperkuat upaya edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya tertib berlalu lintas dan juga tertib administrasi kendaraan. Selain itu, pembagian souvenir dan bantuan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Zebra candi 2024 agar situasi dan kondisi di wilayah hukum Polres Boyolali tetap kondusif. Pembagian souvenir dan bantuan diberikan kepada masyarakat ini merupakan bagian dari sosialisasi Kamseltibcarlantas.

“Disela pembagian souvenir ini, kami juga mengajak masyarakat untuk lebih tertib dalam berlalu lintas,” ujar AKP Arif.

Dalam kegiatan tersebut, petugas dari Polres Boyolali bersama Dishub dan Samsat membagikan flyer berisi imbauan tentang Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas). Selain itu, Samsat Boyolali turut memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu tertib dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

“Sebenarnya, tertib pajak bukan hanya tentang kepatuhan administratif, tetapi juga kontribusi nyata untuk kelancaran pembangunan, termasuk infrastruktur jalan yang aman dan nyaman,” timpal Agus KUPT Samsat Boyolali.

Selama kegiatan berlangsung, cinderamata diberikan kepada para pengguna jalan yang tertib berlalu lintas sebagai bentuk apresiasi. Sementara itu, bagi para pelanggar, petugas memberikan teguran sebagai peringatan agar lebih disiplin di masa mendatang.

“Operasi Zebra ini tidak hanya untuk menindak pelanggaran, tetapi juga untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan ketertiban lalu lintas. Kami ingin menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan,” kata KBO Satlantas Polres Boyolali, IPTU Joko Siswanto disela kegiatan. (yull/**)