ISTRI Memprioritaskan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Serta Menjaga Harmonisasi Lingkungan Alam

FOKUSJATENG.COM, KARANGANYAR  – Pemberdayaan ekonomi kerakyatan berbasis UMKM guna menciptakan wirausaha mandiri, serta akselerasi pembangunan infrastruktur menyeluruh hingga di pedesaan menjadi program prioritas bagi Calon Bupati Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani.

Selain akan memberikan modal usaha kepada UMKM guna mendorong roda perekonomian melalui kegiatan wirausaha, pertanian, peternakan, dan ekonomi kreatif, Ilyas bahkan berjanji akan menaikkan alokasi dana desa (ADD) menjadi Rp 150 juta per desa, jika nantinya dia terpilih menjadi Bupati Karanganyar.

Pernyataan itu disampaikan Ilyas Akbar Almadani saat menghadiri acara deklarasi salah satu kelompok relawan pendukungnya, Wong Cilik, di Bali Pari Karanganyar, pada Selasa (15/10/2024) sore.

“Pertumbuhan ekonomi kita saat ini baru mencapai sekira 5 sampai 7 persen. Maka, kita harus terus berupaya agar peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan asas pemerataan dapat terus dipacu. Stabilitas iklim politik juga perlu kita jaga, supaya investasi di Karanganyar juga semakin berkembang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ilyas juga berjanji akan memperjuangkan dan menjamin hak-hak hak buruh. Peningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui kuliah gratis bagi keluarga kurang mampu, pengembangan sains dan teknologi digitalisasi, serta pelayanan kesehatan berkualitas, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan berbasis meritrokasi atau prestasi juga menjadi skala prioritas yang masuk dalam 7 program kerja yang akan diterapkan bila dia terpilih menjadi Bupati.

“Mitigasi bencana alam dan non alam, menjamin kelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam, juga menjadi program prioritas kami. Salah satunya yaitu pengolahan sampah yang dapat terintegrasi dengan bidang pertanian, seperti kita jadikan pupuk misalnya. Jadi, pemecahan masalah sampah jangan hanya kita serahkan ke desa, karena masalah sampah perlu perhatian pemerintah kabupaten juga,” pungkasnya. ( ck /bre)