Pemotor meninggal Usai Senggol Truk Gandeng di Banyudono Boyolali

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Seorang pemotor menjadi korban kecelakaan di Jalan Raya Solo-Boyolali, tepatnya di depan Pasar Ngancar, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng). Peristiwa naas itu melibatkan satu unit sepeda motor Yamama Mio AD-5294-IW dan truk gandeng Hino bernopol AG-8198-UG terjadi pada Rabu 16 Oktober 2024 malam.
Dalam video yang direkam oleh warga terlihat sebuah motor ringsek saat berada di bawah gardan truk gandeng ( bak truk bagian gandengan belakang ) setelah motor terseret sejauh 10 meter dan masuk ke kolong truk. Petugas kepolisian yang datang kemudian mengevakuasi korban pengendara motor ke rumah sakit Boyolali dan motor korban yang tersangkut di bawah kolong truk.
Sementara, Husni Tanamal sopir truk gandeng tak mengalami luka, warga Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren, Kota kediri, Jawa Timur ini mengatakan truk yang memuat kertas dikemudikannya melaju dari arah timur menuju barat atau dari arah Solo menuju Boyolali, namun saat mendekati lokasi kejadian, mendadak motor matic bernomor polisi AD-5294-IW, yang melaju searah mencoba mendahului truk dari sisi kiri. Diduga karena posisi terlalu mepet korban terjatuh ke kiri menabrak besi pembatas jalan kemudian terpental ke kanan hingga masuk ke gandengan truk bagian belakang, motor dan korban terlindas roda truk dan terseret sejauh 10 meter.
“Motor itu menyalip dari kiri terus jatuh, kalau truk gandengan ini posisi nanjak paling jalan 30-40, iya motornya nyalip dari kiri jatuh motornya masuk ke kolong , nabrak ini dulu pembatas, langsung masuk kolong ini orang nya ada di belakang mobil ( truk ),ya ke-rasa-nya cuma mendengar jatuhnya saja pas nyalip dari kiri, pengendara motor satu orang,”kata Husni.
Menurut keterangan dari Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, Iptu Budi Purnomo, pengendara motor yang diketahui bernama Sigit Andri Asmoro (31) warga Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini mengalami luka berat dan meninggal dunia, kemudian dibawa ke kamar jenazah Rumah Sakit Boyolali.
Petugas dari Satlantas Polres Boyolali dan Polsek Banyudono mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari tahu faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap kecelakaan tersebut, guna kepentingan penyelidikan barang bukti motor korban dan truk gandeng dibawa ke Mako Satlantas Polres Boyolali.
“Kami juga mengimbau kepada seluruh pengendara untuk selalu berhati-hati dan memastikan keselamatan saat berkendara terutama saat mendahului kendaraan lain,” imbuhnya. (yull/**)