Ratusan Pelari Berpacu di Lomba Lari Susur Alam Master Runners Cross Country Tawangsari Boyolali 

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Meski baru kali pertama digelar lomba lari susur alam master runners cross country, namun lomba yang di gelar di Desa Tawangsari, Kecamatan Teras, Boyolali, terbilang meriah dan sukses. Minggu 20 Oktober 2024.

Menurut ketua panitia, Suparman, kegiatan ini merupakan lomba lari lintas alam yang digelar oleh komunitas Runners Boyolali. Komunitas rurunner Boyolali adalah salah satu komunitas lari yang diisi oleh para mantan atlit lari TLJ daerah dan Nasional.

“Lomba lari master runners cross country dengan rute menyusuri alam sekitar Desa Tawangsari ini bertujuan untuk mencari bibit altit muda berbakat, dan ini baru pertama kali diadakan target kami 300 peserta namun Alhamdulilah saat ini diikuti 155 orang peserta dari berbagai daerah di Yogyakarta dan Jawa tengah seperti Kabupaten Wonogiri, Salatiga, Batang, hingga Temanggung,” katanya.

Dijelaskan, para peserta akan menempuh jarak 7 kilo meter yang menyusuri alam sekitar dari jalan desa hingga jalan di area persawahan Desa Tawangsari dan sekitarnya, “selain itu kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda,”imbuh Kabid BPBD Boyolali tersebut.

Salah satu peserta yang berhasil juara 1 asal Kota Salatiga, Ansel, mengaku sangat terkesan, ia berharap lomba ini menjadi agenda rutin tahunan.

“Kesannya ya sangat luar biasa, lomba lari master runners cross country ini baru pertama kali diadakan dan sudah sangat bagus. Rute nya juga cukup bagus dan steril serta penunjuk arahnya cukup bagus, ya meskipun tadi diguyur hujan deras namun malah menambah asyik suasana, saya sendiri tadi waktunya bisa 25 menit dengan jarak 7 kilo meter, puji tuhan bisa mendapat juara 1, harapannya tahun depan bisa diadakan lagi dengan rute yang lebih menantang,” ujarnya.

Salah satu pelatih, Triyono, mengatakan, kegiatan lomba lari sambil susur alam ini baru pertama kali digelar di Boyolali, pihaknya berharap ada bibit berbakat sehingga bisa membawa nama Boyolali ke kancah nasional.

“Ada 155 atlit yang ikut, kami sendiri mencari atlit berbakat yang tentunya bisa menjadi atlit lari nantinya, selain menjaring bibit atlit berbakat tentu tujuan diadakan event ini untuk memberikan motivasi dan tempat bagi para atlit lari untuk perfom dan menunjukan prestasinya.” (ist/**)