Meriahkan minat baca literasi,Kearsipan dan Perpustakaan Boyolali Gelar Lomba Kreasi yel-yel Literasi dan Pioneering Pramuka

Peserta antusias mengikuti lomba Kreasi yel-yel Literasi budaya baca dan keterampilan bagi anggota Pramuka tingkat SMP/MTs se Boyolali (doc/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng-BOYOLALI,-Pemkab Boyolali menggelar lomba Kreasi yel-yel Literasi dan Pioneering untuk Pramuka Golongan Penggalang se-Kabupaten Boyolali di Halaman Parkir Gedung Perpustakaan Daerah Boyolali Remen Maos. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 regu Pramuka perwakilan SMP/MTs yang berada dalam wilayah kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Boyolali.
“Jadi lomba ini mengusung tema membudayakan literasi budaya baca dan keterampilan bagi anggota Pramuka tingkat SMP/MTs,” kata Plt Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Boyolali, Arief Gunarto. Jumat 25 Oktober 2024.
Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi kreativitas dan memupuk rasa kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama yang baik, mengasah keterampilan peserta dalam membuat sebuah model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan, membentuk siswa agar menjadi pribadi yang tangguh, sehingga sejak dini anak sudah terbiasa mengikuti hal-hal yang positif serta mengenal dan memeriahkan minat baca literasi di Boyolali.
Disebutkan, sejumlah tema kreasi yel-yel literasi yang dilombakan antara lain; Pramuka Boyolali gemar membaca, ayo ke perpustakaan daerah Kabupaten Boyolali “Remen Maos”, perpustakaan maju, Boyolali sejahtera, literasi untuk kesejahteraan, Pramuka ikut memasyarakatkan perpustakaan.
“Kalau untuk lomba pioneering Pramuka, yakni membuat jenis meja kursi baca portable dengan jumlah tongkat yang digunakan 70 batang (ukuran tongkat pramuka) dalam waktu 90 menit,” katanya.
Dari 20 regu Pramuka penggalang tersebut, lanjut Arief, untuk pemenang juara pertama Lomba Kreasi Yel-yel Literasi dan Pioneering Pramuka Penggalang (LKPP) Tahun 2024 yakni MTS Negeri 7 Boyolali, kemudian juara 2 di raih SMP Negeri 2 Boyolali dan juara ke tiga yakni SMP Negeri 1 Teras.
“Sedangkan SMP NEGERI 1 Musuk meraih, juara harapan 1 disusul MTs Negeri 3 Boyolali dan terakhir SMPN 2 Teras.” (yull/**)