Momen Hari Sumpah Pemuda PLN UP3 Surakarta Berikan Sambungan Listrik Gratis LUTD Bersama Bupati Yuni Untuk Masyarakat Kurang Mampu di Sragen

Penyerahan simbolis bantuan pemasangan listrik gratis oleh PLN UP3 Surakarta. (/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG-SRAGEN-Sambut Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober nanti, menjadi momen tersendiri bagi masyarakat kabupaten Sragen. Pasalnya PLN UP3 Surakarta melalui program sambungan listrik gratis “Light up The Dream (LUTD)” bagi masyarakat kurang mampu di Desa Kedungwaduk Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Rabu (24/10/2024).

Bantuan listrik gratis kali ini berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen, sedangkang total bantuan listrik yang sukses disalurkan sebanyak 17 titik keluarga pra sejahtera yang mendapatkan bantuan sambungan listrik gratis dan sembako dari PLN sebagai salah satu upaya pengentasan kemiskinan. Dengan adanya listrik mandiri masyarakat diharapkan bisa lebih leluasa beraktifitas dan mengembangkan potensinya untuk lebih maju dan berkembang.

Dalam sambutannya bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang menyapa warganya sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut, dengan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Kepala Dinas Bapperida, Forkompimpcam Karangmalang, Kepala Desa Kedungwaduk dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya Bupati Sragen menyambut hangat Program Kolaborasi dengan PLN ini.

“Hari ini kita berada di Desa Kedungwaduk Kabupaten Sragen untuk berbagi. Alhamdulillah ada 17 keluarga yang memperoleh bantuan sambungan listrik gratis dari PLN melalui Program Light Up The Dream. Kami mewakili warga masyarakat Kedungwaduk khususnya dan Pemerintah Kabupaten Sragen pada umumya mengucapkan terimakasih kepada PLN. Semoga PLN tambah maju dan semakin sukses,” kata Yuni

Bupati Yuni juga berharap kolaborasi ini bisa tetap berlanjut khususnya untuk Pembangunan Kabupaten Sragen kedepannya.

“Kami tunggu program-program PLN berikutnya yang bisa bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Sragen,” jelasnya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Surakarta Muhammad Khadafi yang hadir langsung pada penyalaan serentak Program Light up The Dream ini berharap donasi insan PLN yang digunakan untuk memberikan bantuan sambungan Listrik gratis tersebut bisa memberikan manfaat bagi Masyarakat. Apalagi di momen spesial seperti saat ini, yaitu menyambut Hari Sumpah Pemuda dan Hari Listrik Nasional.

“Pada hari ini PLN UP3 Surakarta melakukan penyalaan sambungan listrik gratis Program Light up The Dream dengan bertajuk tema “Indahnya PLN berbagi oleh insan PLN peduli”. Kami berharap dengan adanya program ini dapat memberikan manfaat kepada warga miskin yang sebelumnya belum mempunyai Listrik secara mandiri dan tentunya dapat meningkatkan taraf hidup Masyarakat dari segi ekonomi,” bebernya.

Selain di Kabupaten Sragen, Penyalaan Serentak Program Light up The Dream juga dilaksanakan di seluruh Indonesia. Untuk wilayah UP3 Surakarta sendiri hari ini menyambung sebanyak 30 pelanggan, sedangkan secara nasional sebanyak 3.725 pelanggan penerima manfaat. Kegiatan ini akan terus berlanjut sebagai wadah bagi insan PLN untuk berbagi kepada Masyarakat untuk bisa mempunyai sambungan Listrik sendiri.

Mbah Wagini didampingi anaknya Sunikmat salah seorang Penerima Manfaat Program Light up The Dream dari Desa Kedungwaduk Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen menyampaikan rasa terimakasih dan ungkapan bahagianya setelah mendapatkan sambungan Listrik gratis ini.

“Kulo Mbah Wagini saking Dusun Kedungwaduk, ngaturaken sembahnuwun kagem PLN ingkang sampung maringi sambungan listrik gratis. Mugi-mugi saget manfaat kagem kulo dumugi anak putu kulo benjang,” ujarnya. (HY)